Alhamdulillah, setiap Ramadhan tiba seluruh umat Muslim di dunia menyambut dengan gembira, Ramadhan sebagai bulan suci memiliki banyak kelebihan, banyak sekali even-even tahunan yang dilakukan pada sekitar Ramadhan, yang tidak menutup kemungkinan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat manusia, walau non muslim sekalipun.

Jika kita melihat dari sisi positif, banyak sekali hal-hal yang membahagiakan, coba bayangkan, banyak sekali para pemudik yang menunggu saat-saat bahagia untuk bertemu dengan famili mereka ketika lebaran, peredaran uang yang akan menghasilkan income yang ekstra untuk merayakan moment Ramadhan, intensitas ibadah yang meningkat tajam selama sebulan lebih dan yang pasti merosotnya angka kriminalitas maupun penyakit masyarakat.

Namun demikian tidak sedikit orang yang mengeluh jika Ramadhan tiba, mereka merasa sangat keberatan menerima beban ekonomi yang melunjak ketika lebaran tiba. Harga-harga sembako yang menjulang, arus mudik yang melelahkan, kebutuhan belanja yang super banyak, bahkan kerepotan yang dialami karena para pembantu yang mudik. Menurut saya, orang yang merasa demikian bisa dikatakan mereka memiliki krisis iman, karena bagaimanapun yang namanya bulan penuh berkah pasti semuanya akan memiliki dampak positif, dan dampak negatif apapun akan memiliki berkah yang lebih besar ketika mereka menyadarinya.

Jadi mari kita lapangkan hati, sucikan hati, mohon ampunan dan sambut Ramadhan dengan penuh suka cita, sehingga kita akan mendapat seluruh rahmat dari Allah atas Ramadhan-Nya. Marhaban Ya Ramadhan, Bulan yang kami rindukan....

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 comments