Tahun ajaran ini dirasakan lebih baik dari tahun ajaran kearin, betapa tidak, pada tahun ini diharapkan akan lebih banyak lagi para peserta didik di sgala jenjang, baik sekolah menengah maupun sekolah tinggi. Walaupun diterpa isu kenaikan harga BBM pada akhir April lalu, tapi tidak mengurangi minat dan semangat para peserta didik baru. Untuk pertama kalinya, beberapa perguruan tinggi menggelar seleksi ujian masuk mandiri, dimana mereke menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara mandiri, bahkan beberapa perguruan tinggi yang telah menyelenggarakan seleksi mandiri sebelumnya, makin memperbesar prosenstase penjaringan calon mahasiswa baru melalui teknik ini. Dengan teknologi yang lebih tinggi, dimungkinkan juga diadakannya pendaftaran secara online, sehingga akan memperbesar kemungkinan para calon peserta didik dari daerah terpencil.
Permasalahan-permasalahan klasik di bidang pendidikan akan muncul seiring dengan munculnya peraturan-peraturan baru penyeleggaraan pendidikan, adanya kebijakan otonomi kampus yang menyebabkan berkurangnya subsidi pemerintah kepada dunia pendidikan menyebabkan tidak adanya perbedaan antara perguruan tinggi negeri dan swasta, dengan demikian, kesejahteraan pendidikan untuk rakyat semesta dengan adanya kampus negeri di bawah naungan pemerintah akan terabaikan, bahkan muncul bentuk baru istilah di dunia pendidikan, "pendidikan untuk bisnis".
Walaupun tidak sedikit kebijakan ini akan membawa dampak positif pada dunia pendidikan, yang antara lain adanya tuntutan untuk persaingan yang lebih ketat dan optimalisasi penyelenggaraan pendidikan, penyerahan Bantuan Langsung Tunai versi Mahasiswa (saat ini belum terlaksana) kepada mahasiswa kurang mampu, Produk-produk beasiswa dari pemerintah, dan perkembanganperkembangan positif lainnya.
Dukungan sepenuh hati dari segala unsur masyarakat adalah yang terpenting, mari kita dukung pelaksanaan pendidikan untuk bangsa, menuju perbaikan untuk mencapai masyarakat yang terpelajar, dan terhormat.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 comments