Kebusukan yang saat ini tengah diobok-obok oleh pemerintah adalah Kejaksaan pada khususnya, dan sistem peradilan pada umumnya, selayaknya, sebagai jaksa, tuntutan untuk menegakkan sangat tergantung pada mereka, betapa tidak, seorang tersangka akan mendapatkan tuntutan yang seharusnya atas perilaku yang telah dilakukan. Sehingga dengan adanya jaksa maka pihak korban atau seluruh pihak yang mengalami kerugian akan merasa puas atas tuntutan jaksa.
Tapi jika kita melihat saat-saat ini, kaitannya dengan kasus BLBI, yang ditengarahi adanya kasus suap dari pihak tersangka, maka kita merasa sangat prihatin. Bahkan kasus penyuapan ini sampai ke Kejaksaan Agung, yang notabene merupakan pilar hukum negeri, lalu apa bisa dibilang bahwa kejaksaan di negara kita sangat busuk?
Beberapa analisa dari saya atas kejadian ini antara lain, Pertama, Ketidakbaikan dari Kejaksaan merupakan "Warisan" dari sistem hukum sebelumnya, jadi para Jaksa akan sangat "tidak merasa bersalah" menjalankan sistem yang telah berjalan bertahun-tahun. Analisa saya yang kedua adalah, bahwa perilaku jual beli, tawar menawar, dan nego-nego perihal hukum sudah menjadi budaya, yang telah melibatkan semua unsur hukum di negeri ini, jadi akan sangat sulit dari permasalahan ini. Analisa ketiga saya adalah bahwa kasus suap ini merupakan kesempatan bagi pejabat hukum untuk memperkaya diri dari suap-suap yang jumlahnya tidak akan sama dengan gaji mereka bekerja selama bertahun-tahun.
Seandainya pak Hendarman punya "jenggot" mungkin beliau akan "Kebakaran Jenggot", berhubung beliau merasa tidak memiliki jenggot, paling-paling beliau hanya merasa "gerah" atas "kicauan" beberapa teman-temannya. Salut saya buat pak Hendarman yang berkata:

Karena saya di luar sistem, maka saya akan sangat merasa "wajib" untuk membereskan permasalahan yang ada di depan mata saya ini, Dan jika saya masuk ke dalam lingkaran tersebut (terlibat) dengan senang hati saya akan mundur dari jabatan saya ini untuk memudahkan proses hukum

Kita lihat saja bagaimana babak selanjutnya, semoga akan menjadi sesuatu yang lebih baik, apapun solusi yang ditempuh negara. Marilah kita sebagai masyarakat yang baik mendukung semoga permasalahan ini tidak berlarut-larut, dan para pelaku yang telibat akan mendapat hukum yang setimpal, dan jangan salah mereka akan mendapat hukuman versi 2 di akhirat nanti, yang tentunya lebih adil.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 comments