Data berikut saya kutip langsung dari wawasandigital.com, mengenai menyusuri kekayaan calon gubernur Jawa Tengah, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diterbitkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tertanggal 10 Maret 2008, dari ke-lima calon gubernur Jawa Tengah yaitu Bibit Waluyo, Bambang Sadono, Agus Soeyitno,
Sukawi Sutarip, dan Tamzil, jumlah kekayaan terbanyak yaitu Sukawi Sutarip yang mencapai 56 Milyar lebih, sedangkan paling sedikit yaitu Tamzil degan jumlah kekayaan sekitar 1,3 Milyar.
Sukawi memiliki kekayaan berupa tanah di 212 lokasi dengan luas rata-rata di atas 1 hektar per lokai, kekayaan lain berupa mobil dengan 9 jenis merek yang jumlahnya puluhan. Sementara itu harta berupa surat berharga, 6 perikanan, logam mulia, dan barang antik yang dimiliki Sukawi mencapi sekitar 58 milyar, namun demikian dia memiliki hutang sekitar 1,7 milyar.
Di sisi lain, calon gubernur yang boleh dibilang "paling miskin" per 1 April 2008 adalah Ir HM Tamzil MT. Bupati Kudus yang mengawal karirnya melalui jalur birokrat ini memiliki harta kekayaan total senilai Rp 1,38 miliar, dan tidak memiliki hutang. Dia memiliki sejumlah tanah dan bangunan di Ka-bupaten Semarang, masingmasing seluas 700 m2, dan 227 m2, yang diakui berdasarkan hasil sendiri. Tiga mobil yang dimiliki Tamzil yakni, Toyota Harrier 2003 senilai Rp 375 juta, Toyota Kijang Innova tahun 2006 senilai Rp 140 juta, dan mobil Honda CR-V tahun 2007 seharga Rp 250 juta.

Tamzil mengaku tidak memiliki peternakan, perikanan, perkebunan, pertambangan, atau pun usaha lainnya. Kendati demikian, dia memiliki rekening giro dan logam mulia serta sejumlah benda bergerak yang nilainya berkisar Rp 50 juta.
Cagub nomor urut empat, Bibit Waluyo, melaporkan total harta kekayaan yang dia miliki sebesar Rp 2,6 miliar. Bibit memiliki tanah dan bangunan yang total nilainya mencapai Rp 721 juta. Tanah dan bangunan itu berada di sejumlah tempat, antara lain di Kota Magelang, dua tempat di Kabupaten Sleman, dan dua tempat di Kabupaten Karanganyar.

Purnawirawan TNI yang juga mantan Pangdam IV/Diponegoro dan mantan Pangdam Jaya ini juga memiliki sejumlah lahan pertanian yang dia akui senilai Rp 182 juta. Sedangkan rekening giro Bibit diakui senilai Rp 973 juta. Nilai ini tidak banyak ’’bergeser’’ dari laporan rekening giro Bibit di tahun 2001 yakni sebesar Rp 902 juta.
Sementara cagub nomor satu, Bambang Sadono mengaku memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp 1,99 miliar. Bangunan seluas 4.810 m2 dan tanah 4.810 m2 yang dia miliki berada di Kabupaten Semarang. Tanah dan bangunan lainnya juga dimiliki Bambang di Kota Semarang, Kota Depok, dan Kabupaten Blora.

Di sisi lain, Bambang memiliki sederet daftar harta kekayaan bergerak, meliputi alat transportasi, logam mulia, serta giro. Anggota DPR RI ini melaporkan harta bergerak yang dia miliki sebesar Rp 1,48 miliar. Bambang juga memiliki rekening giro sebesar Rp 1,421 miliar.
Cagub nomor urut dua, Agus Soeyitno, boleh dibilang berada di nomor urut kedua cagub terkaya setelah Sukawi Sutarip. Total kekayaan yang dia miliki sekitar Rp 9 miliar. Agus memiliki sejumlah tanah dan bangunan yang total nilainya hampir mencapai Rp 5 miliar.

Sebanyak dua item tanah dan bangunan yang dia miliki di Kota Malang, nilainya masingmasing seharga Rp 2 miliar. Ditambah dua item tanah dan bangunan berharga ratusan juta juga dia miliki di Kota Apel tersebut. Berdasarkan data tambahan tahun 2004, Agus juga melaporkan memiliki tanah dan bangunan di Jakarta Selatan senilai Rp 250 juta.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 comments